2016-05-04

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya

Sakit gigi menurut bahasa adalah rasa nyeri pada suatu alat pengunyah yang dimiliki manusia. Nah, pada alat pengunyah tersebut terdapat sesuatu yang bernama pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan, serta saraf-saraf yang sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya

Penyebab Sakit Gigi

Jika kita bertanya apa penyebab sakit gigi? Pasti kebanyakan akan menjawab kerusakan gigi adalah penyebabnya. Namun, tahukah Anda selain kerusakan pada struktur gigi, ternyata ada banyak penyebab sakit gigi lainnya.

Hal ini penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui penyebabnya akan membantu kita mencegah bahkan mengatasi sakit gigi sampai batas tertentu. Berikut penyebab-penyebab sakit gigi yang mungkin sedang anda alami:
  • Penyakit Gusi
Peradangan pada gusi akan menyebabkannya menjadi merah, bengkak, bahkan berdarah. Tentunya hal ini juga menimbulkan rasa sakit apalagi infeksi gusi lanjut yang juga dapat menyebabkan sakit gigi. Hal ini terjadi karena infeksi gusi menyebabkan peradangan pada gusi dan tulang yang menyebabkan pembengkakan jaringan penyokong gigi yang diliputi oleh gusi.
  • Susunan gigi yang tidak teratur 
Susunan gigi yang tidak pas seperti miring mampu membuat gigi anda merasa sakit juga. Hal ini disebabkan karena ketika anda menggunakan gigi untuk mengunyah, terjadi tekanan yang tidak seimbang. Sehingga mudah terjadi radang pada gigi.
  • Sinus
Sakit gigi tidak selalu berasal dari gigi, infeksi sinus atau sakit telinga dapat menyebabkan rasa sakit pada seluruh tengkorak kepala dan seringkali pula menyebabkan rasa sakit pada gigi. Rasa sakit seperti ini biasanya terasa di seluruh mulut walaupun bisa saja hanya terjadi pada area yang dekat dengan sumber infeksi. Selain rasa sakit, gejala-gejala sekunder dari sinusitis atau infeksi telinga seperti penyumbatan atau penurunan daya dengar dapat menjadi salah satu cara untuk mengidentifikasi sinusitis.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya
  • Kerusakan gigi
Merupakan penyebab sakit gigi yang paling utama dan tersering. Rongga kecil yang terdapat hanya pada lapisan luar gigi (enamel) biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi ketika rongga berubah menjadi lubang yang dalam dan menembus melalui email dan sampai pada lapisan dalam gigi (dentin), maka akan menjadi sangat sensitif dan mudah terasa sakit. Pada tahap lanjut pembusukan gigi berlubang berlangsung lebih dalam menuju lapisan terdalam (pulpa) sehingga akan mengakibatkan sakit gigi yang intens, nyeri yang tajam, terasa ngenyut dan lebih sakit daripada sakit hati. Infeksi dari gigi berlubang dalam tersebut dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses (nanah) di bawah akar gigi.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya
  • Trauma Pada Gigi
Benturan atau trauma pada gigi yang menyebabkan gigi patah atau goyang pasti menyebabkan sakit gigi. Apalagi gigi patah dengan garis fraktur berjalan melalui pulpa (saraf) gigi tentu akan menimbulkan sakit gigi yang parah. Sering kali hal ini disebabkan oleh perilaku menyikat gigi yang tidak tepat sebagai akibatnya gusi menjadi surut atau erosi sehingga bagian gigi terbawah (akar gigi) menjadi kelihatan atau terbuka. Hal ini akan menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap makanan dingin, panas, dan asam. Disamping itu makanan dan minuman asam juga dapat mengikis akar dan memperburuk sensitivitas.
  • Perawatan dengan Kawat (Ortodontik)
Fungsi anda menggunakan kawat gigi memang untuk meratakan tampilan gigi. Karena pada awalnya gigi anda belum rata, jadi ketika dilakukan perataan (ortodentik) terjadi penyesuaian yang menyebabkan sakit. Selain itu menggunakan kawat gigi mampu memicu bakteri tumbuh. Sebab keadaan bawah kawat gigi atau bagian logamnya sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan. Akibatnya tumbuhlah karang yang mampu merusak gigi anda.
  • Gigi yang Erosi
Gigi surut (erosi/abrasi gigi) gusi terjadi biasanya karena anda menyikat gigi namun dengan cara yang salah. Sehingga membuat akar bawah gigi terbuka. Karena tak ada pelindung di bagian akar gigi bawah, hal ini menjadikan ia lebih sensitive. Apalagi jika berkontakan langsung dengan makanan panas, dingin, dan asam. Menurut penelitian bahwa asam pada makanan atau minuman mampu mengikis akar gigi. Sehingga memperburuk kondisi sensitifitas gigi.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya
  • Bruxism
Bruxism merupakan suatu kondisi di mana menggiling gigi (menggeser gigi bolak-balik satu sama lain), menggertakkan atau mengepalkan gigi (berkontak rapat antara gigi atas dan bawah), yang terjadi tanpa sengaja atau tidak disadari. Hal ini dapat menjadi penyebab sakit gigi karena dapat menimbulkan tekanan berlebih pada jaringan pendukung gigi sehingga menyebabkan rasa sakit tidak hanya pada gigi, tetapi juga pada sendi rahang dan otot.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya
  • Gigi Miring 
Gigi yang miring atau tidak rata ternyata dapat menjadi penyebab sakit gigi. Hal ini terjadi ketika gigi tidak selaras dengan benar ada distribusi tekanan yang tidak merata pada saat mengunyah dengan demikian mudah terjadi peradangan pada saraf di gigi menyebabkan rasa sakit.
  • Tumbuh Molar 3/gigi bungsu
Ketika gigi bungsu (graham atau molar 3) mau tumbuh keluar biasanya juga menyebabkan rasa sakit pada gigi. Hal ini terjadi jika gigi bungsu gagal tumbuh secara sepenuhnya melalui garis gusi karena tidak ada cukup ruang untuk gigi bungsu keluar. Hal ini juga dapat menimbulkan tekanan pada gigi yang berdekatan sehingga menyebabkan rasa nyeri. Ketika gigi geraham bungsu telah tumbuh tapi hanya sebagian akan berpotensi menjadi tempat nyangkutnya banyak makanan karena susah dibersihkan. Dengan demikian akan menjadi tempat bakteri tumbuh dan berkembang biak yang memudahkan terjadinya infeksi pada gusi dan struktur gigi lainnya.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya
  • Malas Merawat
Kebiasaan buruk orang-orang adalah malas untuk membersihkan giginya. Apalagi yang pulang kerja malam, karena terlalu letih akhirnya tertidur. Factor ini menjadi pemicu seseorang mengalami sakit gigi. Bakteri yang menumpuk pada sisa makanan tidak dibersihkan. Sehingga menjadikan kerusakan gigi yang parah dan akhirnya menjadi rapuh. Untuk itu biasakan minimal menggosok gigi dua kali sehari.
  • Masalah di luar gigi 
Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh masalah yang tidak berhubungan dengan gigi atau rahang. Contohnya infeksi sinus atau sinusitis, tekanan dari sinus dapat menyebabkan sakit gigi bagian atas karena letak sinus yang dekat dengan gigi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit gigi atau nyeri rahang bisa merupakan tanda serangan jantung. Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh neuralgia trigeminal yang ditandai dengan episode sakit yang intermiten serta nyeri pada sisi wajah.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya

Gejala Sakit Gigi

Mereka yang menderita sakit gigi biasanya mengalami gejala seperti nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan demam. Tingkat keparahan nyeri bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga hebat. Dan menurut pola kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara berulang-ulang atau terasa terus-menerus (konstan).

Seringkali penderita sakit gigi merasakan nyeri atau ngilu yang memburuk pada malam hari atau ketika mereka makan dan minum, terutama yang terlalu dingin atau panas.

Sakit Gigi - Wawasan Tentang Gejala dan Penyebabnya

Mencegah Sakit Gigi

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, jika gigi Anda saat ini masih sehat, segeralah lakukan langkah pencegahan sebelum sakit gigi datang. Usaha pencegahan tersebut di antaranya:
  • Memeriksakan gigi Anda ke dokter setidaknya satu kali dalam setahun.
  • Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis, misalnya seperti cokelat, kue, dan permen.
  • Menyikat gigi dua kali sehari, terutama setelah makan.
  • Bersihkan cela-cela gigi dengan dental floss atau benang gigi.
  • Sebagai pelengkap dan untuk lebih memastikan bakteri-bakteri di mulut telah mati, gunakan cairan pembersih mulut.
  • Berhenti atau mengurangi merokok. Merokok berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut.
Tak kalah penting: Jenis-jenis Penyakit Gigi
Itulah ulasan yang mudah-nudahan cukup untuk Anda yang mencari info seputar sakit gigi. Semoga dengan artikel ini sedikit membantu pembaca yang membutuhkannya. Terimakasih...

0 comments:

Post a Comment


Top