2016-05-06

Obat Untuk Sakit Gigi Super Cepat dan Akurat Tanpa Resiko

Obat untuk sakit gigi semakin kesini semakin banyak dicari, mungkin seiring dengan meningkatnya orang yang malas merwat gigi, karena menurut sebahagian besar para ahli gigi, penyebab terbesar dari penyakit ini adalah ketidakrutinan kita dalam memelihara gigi.

Yang wajib kita ketahui bahwa tidak semua obat sakit gigi yang ada di apotek atau disarankan oleh dokter berfungsi untuk menyembuhkan sakit gigi. Ada yang fungsinya hanya untuk meredakan sakit gigi. Artinya, sebenarnya gigi kita bukannya sembuh, akan tetapi sebenarnya obat tersebut berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit saja. Dengan demikian, pemilihan obat sakit gigi juga tidak bisa sembarangan.

Obat Untuk Sakit Gigi Super Cepat dan Akurat Tanpa Resiko

Langkah Pencegahan Sakit Gigi

Mencegah lebih baik daripada mengobati (kata para pujangga). Karena itu, jika gigi Anda saat ini masih sehat, segeralah lakukan langkah pencegahan yang tepat sebelum terserang sakit gigi. Upaya pencegahannya antara lain:
  1. Menyikat gigi dua kali sehari, terutama setelah makan.
  2. Memeriksakan gigi Anda ke dokter setidaknya satu kali dalam setahun.
  3. Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis, misalnya seperti cokelat, kue, dan permen.
  4. Bersihkan cela-cela gigi dengan dental floss atau benang gigi.
  5. Sebagai pelengkap dan untuk lebih memastikan bakteri-bakteri di mulut telah mati, gunakan cairan pembersih mulut.
  6. Berhenti atau mengurangi merokok. Merokok berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Obat Untuk Sakit Gigi
Obat Untuk Sakit Gigi Super Cepat dan Akurat Tanpa Resiko 

Pemanfaatan beberapa obat sakit gigi yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit bisa kita gunakan untuk keadaan yang mendesak, misalnya ada meeting, harus bepergian, ada wawancara, atau ada kegiatan lainnya yang sangat penting. Sembari kita redakan rasa sakit tersebut, selanjutnya kita harus mengobati gigi kita dengan obat atau resep yang berfungsi untuk mengobati dan menyembuhkan, bukan saja untuk menghlangkan rasa sakit.

Jenis sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang biasanya disertai infeksi karena adanya bakteri. Akibatnya, gusi dan pulpa gigi akan mengalami peradangan. Pada kondisi seperti ini, umumnya dokter gigi akan memberikan tiga jenis obat kepada pasiennya, yaitu: antibiotik, analgetik, dan anti inflamasi.

Obat Untuk Sakit Gigi Antibiotik

Obat antibiotik untuk sakit gigi berfungsi untuk mengobati infeksi bakteri. Anda dapat menggunakan amoxicillin 500mg. Obat ini untuk orang dewasa, biasanya diberikan 10 biji. Obat ini diminum 3 kali dalam sehari, yaitu setiap 8 jam. Walau rasa sakit gigi sudah reda, obat ini tetap harus dihabiskan semuanya.

Obat Untuk Sakit Gigi Analgetik

Obat analgetik adalah obat yang berfungsi (hanya) untuk menghilangkan rasa nyeri. Anda dapat menggunakan asam mefenamat 500mg. Untuk orang dewasa, obat ini biasanya juga diberikan sebanyak 10 biji. Obat ini tentu berbeda dengan obat jenis antibiotik, biasanya dokter menyarankan obat ini diminum (hanya) saat anda sakit gigi saja. Sekedar catatan, jika Anda penderita sakit maag, maka lebih baik Anda mengkonsumsi paracetamol. Paracetamol memiliki efek analgetic yang lebih kecil daripada asam mefenamat, tetapi lebih aman dikonsumsi untuk penderita sakit maag.

Obat Untuk Sakit Gigi Anti Inflamasi 

Sedangkan obat Anti Inflamasi berfungsi untuk mengatasi pembengkakan. Jadi, obat ini sebagai alternatif tambahan apabila gigi Anda yang sakit mengalami pembengkakan. Biasanya dokter akan memberikan resep berupa obat Natrium Diklofenak 50mg. Untuk Dewasa obat ini juga biasa diberikan sebanyak 10 biji dan diminum 3 kali sehari setiap 8 jam. Obat ini diminum hingga gigi sembuh.

Ketiga jenis obat di atas mudah didapatkan di apotek. Jadi Anda bisa membeli obat ini jika gigi Anda sakit. Jika setelah menggunakan resep di atas gigi Anda tidak juga sembuh, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau segera ke puskesmas. Ingat, penggunaan resep di atas juga tidak untuk semua kasus sakit gigi.

Jika yang sakit gigi adalah seorang ibu yang sedang hamil atau sedang menyusui, maka lebih bijak jika Anda berkonsultasi dulu dengan bidan, ahli kandungan, atau dokter gigi. Begitu juga jika yang sakit gigi adalah anak-anak, masih bayi, atau memiliki penyakit tertentu, maka akan lebih aman jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Obat yang lebih aman biasanya adalah obat sakit gigi yang terbuat dari bahan herbal. Akan tetapi, penggunaan bahan herbal untuk mengobati sakit gigi juga tidak boleh diluar batas atau berlebihan, walaupun sebenarnya ada juga bahan yang bisa menjadi obat sakit gigi paling ampuh. Jenis-jenis obat herbal yang biasa untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa buka artikel-artikel terdahulu kami.
Menarik untuk disimak: Mengobati Sakit Gigi Tanpa Ribet dengan Cepet Tetep Selamet
Ada seorang penyair lama bilang 'Daripada sakit hati, mendingan sakit gigi dah', ini bukanlah sebuah argumen untuk membela diri saat sakit gigi. Penafsiran yang lebih tepat adalah 'Hindari sakit gigi agar tenang dalam hati'. Mungkin itulah uraian singkat mengenai obat unruk sakit gigi ini. Semoga bermanfaat!

1 comment


Top