2016-05-09

Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah

Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah - Masalah sakit gigi memang sangat menghawatirkan, bahkan ini tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa sekalipun tidak jarang terkena penyakit ini.

Hal ini penyebab rata-ratanya adalah malas merawat gigi dengan cara konsisten. Diakui atau tidak, itulah faktanya. Umumnya, anak yang mengalami sakit gigi dikarenakan gigi mereka berlubang, tidak jarang pula karena gangguan gusi.

Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah

Banyak sekali penyebab lain yang menimbulkan rasa nyeri pada gigi anak ini, kita sebut saja seperti benjolan pada gigi, sedikit gesekan di mulut atau sisa makanan yang menempel diantara sela-sela gigi.

Bagi anak yang mengalami sakit gigi ini, mungkin bisa disebut sebagai pengalaman pertama mereka, maka jangan heran jika mereka bawel ketika curhat kepada Anda. Ada beberepa hal penting yang harus Anda sebagai orang tua ketahui.

Berikut hal-hal yang wajib Anda tahu mengenai gigi anak:

Merawat proses pertumbuhan gigi anak
Pada dasarnya gigi telah tumbuh saat 4 bulan dalam kandungan, tapi umumnya bayi yang mendapat kemunculan gigi pertama mereka dimulai pada umur 6 bulan. Hal ini tentu bisa menjadi proses yang menyakitkan, tapi mungkin setiap pengalaman individu berbeda. Saat itu kebanyakan bayi mengalami tekanan hebat pada mentalitasnya, juga disertai dengan berlebihnya air liur, rasa tidak nyaman, gusi bengkak dan mudah tersinggung dan yang paling pasti mereka akan lebih banyak menangis.

Kondisi yang paling umum dari kemunculan gigi tersebut adalah dua gigi depan pada bagian bawah mulut akan menjadi penampilan pertama mereka, diikuti oleh dua gigi langsung di atasnya.Bila hingga berumur 1 tahun belum ada gigi yang terlihat, tetaplah bawa anak ke dokter gigi untuk memeriksakannya. Saat gigi pertama muncul inilah, perawatan gigi anak harus segera dimulai.

Tips untuk mempercepat pertumbuhannya Anda bisa menggunakan alat cincin kunyahan gigi bayi yang sudah beredar dipasaran, ini membantu si buah hati untuk mengalihkan rasa sakit pada gigi yang baru tumbuh.
Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah

Setelah itu, gigi-geligi di sebelahnya akan muncul, baik sisi kiri atau kanan; serta gigi ini disebut gigi seri samping. Di sebelah gigi seri samping akan muncul gigi taring, dan diikuti oleh 2 gigi geraham di belakangnya.
Jadi, pada tiap sisi, anak mempunyai 5 gigi. Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah! Apa fungsi gigi yang lain? Gigi taring berfungsi mengoyakkan makanan, sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi susu akan lengkap jumlahnya pada saat anak berusia 2,5 sampai 3 tahun.

Selanjutnya, pemeliharaan kesehatan dan kebersihan rongga mulut bayi setelah lahir juga sudah mulai wajib dilakukan, meskipun gigi belum terlihat, namun sudah ada bakal gigi yang tertanam dalam gusi. Upaya pembersihan rongga mulut ini bisa dilakukan dengan membiasakan meminumkan air putih sebagai pembilas mulut bayi setiap habis minum susu, bisa menggunakan dot berisi air putih. Selain itu, bisa juga membersihkan dengan mengelap gusi si kecil menggunakan kain kasa berbahan lembut secara rutin. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan sekaligus membiasakan upaya pembersihan sejak sedini mungkin, sehingga ketika sudah tumbuh gigi, si kecil sudah terbiasa untuk membersihkan giginya dengan sikat gigi.

Setelah gigi pertama tumbuh di usia rata-rata bayi 6 bulan, upaya pembersihan mulai ditingkatkan dengan alat selanjutnya semisal sikat gigi, sesuai tahapannya. Penting diperhatikan, bahwa upaya pembersihan terpenting yang wajib dilakukan yakni sesaat menjelang tidur di malam hari. Karena saat tidur panjang di malam hari otot-otot sekitar mulut dalam kondisi relaks, dan produksi cairan alami rongga mulutpun berkurang, sehingga proses alamiah ‘self cleansing’ ada di taraf terpasif. Itulah mengapa, wajib mengkondisikan gigi dan rongga mulut telah bersih dari sisa makanan, jelang tidur malam hari.

Gigi permanen akan mulai tumbuh menggantikan gigi susu pada saat anak berusia 6 tahun. Sama seperti gigi susu, yang pertama kali tumbuh adalah gigi depan bawah, yang diikuti oleh gigi depan atas, gigi geraham kecil, dan gigi geraham. Jumlah keseluruhannya adalah 32 buah, masing-masing sisi 8 gigi, yaitu 2 gigi seri, 1 gigi taring, 2 gigi geraham kecil dan 3 gigi geraham. di usia 6 tahu maka kadang akan terjadi sakit gigi akibat tumbuh gigi.

Selain bahwa rutin mengkontrolkan kondisi serta perkembangan gigi-geligi si kecil, ke dokter gigi yang dipercaya sangat disarankan minimal setiap 6 bulan sekali. Hal ini terkait pemeliharaan dan pencegahan kejadian anomali kerusakan akibat karies, tindakan aplikasi fluor secara topical, serta perlindungan area pit dan fissure permukaan gigi setelah gigi bererupsi.

Meski hal tersebut merepotkan, tetapi point dalam beberapa upaya tersebut diatas, sangat penting, untuk menjaga dan melindungi gigi-geligi si kecil tetap sehat hingga dia dewasa bahkan hingga seumur hidupnya. Dan tentu jika cara-cara tersebut diatas di lakukan, kesempatan tumbuhnya gigi secara rapi dan bagus pada anak Anda semakin besar.

Obat Sakit Gigi yang Aman Untuk Anak

Bahan obat alami berikut telah banyak terbukti bisa membantu menyembuhkan sakit gigi pada anak dengan aman.

Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah 

Minyak Cengkeh
Manfaat minyak cengkeh bagi kesehatan gigi bisa dikaitkan dengan antimikroba, antijamur, antiseptik, antivirus, serta afrodisiak. Cengkeh telah banyak digunakan pada peradaban kuno India dan Cina, dan kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Eropa selama tujuh atau delapan abad. Bahkan sekarang, minyak cengkeh digunakan untuk beberapa masakan India dan Cina. Cengkeh kaya akan mineral seperti kalsium, asam klorida, zat besi, fosfor, natrium, kalium, dan vitamin A dan vitamin C.

Sifat anti kumannya membuat minyak cengkeh sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit gigi, sakit gusi dan sariawan. Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol, yang telah digunakan dalam dunia kedokteran gigi selama bertahun-tahun karena khasiat yang bagus dan aman bagi semua umur.

Caranya cukup mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Pertama siapkan minyak cengkeh, lalu teteskan di kapas. Sesudahnya, oleskan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh tersebut pada gigi anak yang sakit. Cara air garam yang dijelaskan sebelumnya juga dapat Anda gunakan, namun mungkin untuk bayi masih belum mengerti cara berkumur. Jadi bagi bayi, cara air garam kurang disarankan, bisa-bisa nanti air garamnya ditelan.

Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah 

Madu
Madu menjaga dan mencegah sakit gigi terutama pada anak-anak yang suka makan minum dengan rasa manis. Sakit gigi katanya lebih sakit dari pada sakit hati. Kemudian, bagaimana jika penyakit gigi seperti gigi berlubang,gigi keropos (gigis bahasa jawanya) ini terjadi pada anak-anak yang kita cintai. Tentunya hal ini akan membuat anak-anak menjadi tidak tenang dan sering menangis (rewel) karena gigi yang sakit.

Sakit gigi pada anak-anak (selain sakit gigi karena gigi yang sedang tumbuh meskipun tidak sesakit gigi berlubang) seharunya tidak akan terjadi jika mereka memperhatikan makan dan minum mereka. Coba anda para orang tua lihat sejarah dari para nenek moyang kita dimana anak-anak mereka jarang mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang.

Mengapa demikian ? Salah satu sebabnya karena makan dan minum mereka adalah yang alami meskipun mengandung gula. Kemudian orang-orang dahulu juga rajin menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga gigi mereka agar kuat dan tidak keropos bahkan berlubang. Salah satu caranya mereka menggunakan arang atau serbuk batu bata untuk pasta gigi dan hal ini terbukti mampu membuat gigi lebih kuat, awet dan tahan lama.

Kandungan madu sangat baik untuk membantu memperbaiki pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan fisik. Kecukupan nutrisi/gizi pada anak-anak akan menjamin pertumbuahan dan perkembangan tulang dan gigi mereka khususnya menjadi lancar dan normal.

Membiasakan konsumsi madu pada anak-anak dan menggunakannya sebagai pengganti gula olahan (gula pasir) akan dapat mencegah terjadinya pengeroposan gigi pada anak-anak. Rasa manis yang terdapat pada madu tidak akan membuat gigi menjadi keropos.

Madu murni tidak seperti gula olahan seperti gula tebu yang disterilkan sehingga menghasilkan gula yang putih bersih. Seringnya anak-anak makan dan minum yang mengandung gula olahan ini dapat memicu terjadinya gigi berlubang dan gigi keropos. Hal ini juga karena gula olahan ini banyak di dapatkan pada makanan-makanan modern dan kembang gula yang sangat disukai oleh anak-anak.

Sebenarnya setelah makan atau minum yang mengandung gula olahan mereka para anak-anak dapat terhindar dari penyakit gigi berlubang dan keropos jika mereka rajin menggosok atau membersihkan gigi setelah makan dan minum yang mengandung gula olahan ini. Hal ini berbeda dengan madu murni dimana tidak merusak gigi meskipun lupa atau malas gosok gigi setelah makan atau minum madu yang sama-sama manis. Oleh sebab itu madu dapat menjaga dan mencegah sakit gigi pada anak-anak.

Obat Sakit Gigi Untuk Anak yg Paling Bagus, Aman serta Murah

Garam
Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai mineral dalam garam yang bagus untuk mengobati sakit gigi anak ataupun dewasa:
  1. Garam memiliki komponen utama yang terdiri dari natrium dan klorida. Natrium dan klorida dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi, menjaga sistem saraf dan otot. Sodium juga penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi otot.
  2. Mineral yang ditemukan dalam garam adalah seperti klorida, sodium, dan kalium.
  3. Garam mengandung magnesium yang berperan untuk produksi sintesis DNA tubuh. Kalsium juga penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, menjaga sistem detak jantung dan membantu tubuh mengendalikan fungsi syaraf.
  4. Garam mengandung sulfur yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Selain itu sulfur juga penting untuk membuat kesehatan jantung tetap terjaga.
  5. Garam juga mengandung mineral lain dalam jumlah kecil seperti fosfor, seng, besi, mangan, silikon dan tembaga. Zat besi dan seng diperlukan oleh tubuh untuk menjaga proses metabolisme. sementara fosfor juga penting untuk mendukung proses produksi energi tubuh, menjaga komponen tulang dan gigi serta menjaga struktur sel tubuh.
Baca juga: Obat Untuk Sakit Gigi Super Cepat dan Akurat Tanpa Resiko
    Namun karena rasa asin garam tidak disukai anak anak sebaiknya ketika setelah berkumur kumur anak anda diberi satu sendok madu agar anak anda tidak rewel. Air hangat ini juga berfungsi sebagai pereda bengkak yang ada digusi ketika seorang anak sakit gigi. bahan herbal alami untuk sakit gigi anak diatas cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi anak dan sebagian diatas sudah pernah saya coba dan hasilnya memang benar manjur.

    Itulah bahasan saya seputar obat sakit gigi untuk anak yang semoga dengan artikel ini dapat memberikan solusi tepat bagi para pembaca khususnya yang membutuhkan.

    1 comment

    1. emang madu banyak bgt manfaatnya tapi sekarang madu banyak yang sudah dicampur sehingga sulit sekali mencaari madu yang asli

      Obat sakit gigi alami

      ReplyDelete


    Top